Selamat datang di PortalPPPK. Semoga Bisa Memberikan Manfaat

250.000 Formasi CPNS Siap diperebutkan Tahun ini.


250.000 Formasi CPNS Siap diperebutkan Tahun ini.


Di tahun 2018 sampai 2019 sebanyak 250.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) dipastikan akan memasuki masa pensiun. 38.000 diantaranya merupakan ASN dari instansi pusat dan sisanya merupakan ASN dari Pemerintah Daerah (Pemda).


Untuk teman-teman yang sudah mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun lalu tapi belum terjaring masuk /lolos menjadi menjadi CPNS harap jangan berputus asa, karena pada tahun ini jumlah formasi CPNS yang dibuka akan menampung lebih banyak.

Lowongan formasi CPNS di tahun 2018 ini akan difokuskan untuk mengisi kekosongan formasi di tingkat pemda. Hal ini disampaikan oleh Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) Setiawan Wangsaatmaja. "Yang pensiun itu kurang lebih 250.000 dari pusat dan daerah. Nanti porsi (formasi)-nya lebih kecil, (pemerintah) pusat," ujar Setiawan usai press gathering di Sentul, Bogor, Rabu (13/12).

Dia juga menyampaikan bahwa rekrutmen CPNS pada tahun didasarkan pada kebutuhan masing-masing instansi dan ini tidak akan melebihi jumlah PNS yang akan pensiun. Pada tahun 2018 ini Kemen-PANRB sudah mengusulkan jumlah pembukaan formasi CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan.

Setiawan menyebutkan bahwa lowongan formasi CPNS tahun ini didasarkan pada instansi mamsing-masing pemerintahannya. Formasi yang diprioritaskan masih di bidang pendidikan, kesehatan, jabatan teknis yang betul-betul mendukung nawa cinta dan infrastruktur.

Selain itu untuk jenis jabatan pada formasi baru CPNS 2018 akan sangat bervariasai. Untuk jabatan pelaksana akan ada lowongan formasi sebanyak 2.600 jenis, kemudian jabatan fugsional sebanyak 158 jenis jabatan, dan sisanya adalah bidang pendidikan, kesehatan dan teknis seperti yang disampaikan sebelumnya.

"Kalau memang kebutuhan kita mendesak, barangkali seperti itu (sama dengan pensiunan) bentuknya. Angka maksimalnya kurang lebih seperti itu," tegasnya.

sumber:Jawapos

Post a Comment

© PORTAL PPPK. All rights reserved. Developed by Jago Desain