Selamat datang di PortalPPPK. Semoga Bisa Memberikan Manfaat

3 hal yang membuat kamu gagal di tes CPNS 2018


3 hal yang membuat kamu gagal di tes CPNS 2018



Saat ini sembari menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB),  Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang sibuk mempersiapkan infrastruktur yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2018.


BKN tengah mengkaji hasil rekapitulasi Tim Helpdesk CPNS 2017  mengenai beberapa kendala yang dihadapi saat pelaksanaan penerimaan CPNS tahun 2017 kemarin, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi permasalahan yang terdapat pada tahun sebelumnya tidak terjadi lagi pada tahun 2018 ini.

Nah, permasalahan tersebut yang bisa membuat para pelamar gagal dalam tes CPNS. Berikut 3 hal yang perlu dicermati kembali.

Pertama, pelamar wajib memastikan bahwa Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) sudah resmi terdaftar dan terupdate di dalam database Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil pusat. Hal ini untuk menghindari permasalahan data NIK dan KK tidak sesuai dengan data di DUKCAPIL yang diinput saat pendaftaran online melalui web sscn.bkn.go.id yang kemudian menyebabkan data tidak sinkron/tidak sesuai.

Kedua, seperti yang kita ketahui bersama bahwa di sistem pendaftaran CPNS ini tidak menolerir kesalahan input. Artinya apabila ada kesalahan dalam menginput data, data tersebut tidak bisa diperbaiki lagi.

Hal tersebut disebabkan pelamar CPNS kurang mencermati tata cara pengisian di kolom formulir sehingga data yang diinput tidak sesuai dengan data yang diminta. Jadi, usahakan agar berhati-hati dalam menginput data dan tidak terburu-buru dalam melakukan pendaftaran.

Usahakan cek kembali data yang sudah dimasukkan sebelum dikirim.

Yang terakhi adalah ketidaksesuaian input dokumen persyaratan yang diminta. Jelas, apabila data input dokumen yang diminta tidak sesuai maka dipastikan anda diaangap tidak bisa melengkapi persyaratan yang diminta.

Untuk menghindari kesalahan input dokumen, pelamar CPNS 2018 wajib mencermati syarat atau kualifikasi dan dokumen yang diminta. Selain itu, ditekankan agar para pelamar CPNS 2018 bisa memahami kualifikasi, syarat dan alur dari mekanisme pendaftaran tes CPNS 2018 ini.

BKN mengantisipasi kendala-kendala seperti halnya di atas dengan membentuk Tim Helpdesk CPNS Tahun 2018, hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan seleksi administrasi hingga tes yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) bisa berjalan dengan sukses dan lancer.

sumber:merdeka

Post a Comment

© PORTAL PPPK. All rights reserved. Developed by Jago Desain