Saran Pencarian

Resmi : Bocoran Lowongan Formasi CPNS 2018 oleh KEMENPANRB


Bocoran Lowongan Formasi CPNS 2018 oleh KEMENPANRB



Usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemerintah akan membuka penerimaan CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil.  Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan ada sejumlah posisi yang akan dibuka dalam penerimaan tahun ini. Posisi yang akan diutamakan dalam penerimaan CPNS 2018 antara lain, tenaga di bidang pendidikan dan kesehatan.


Ridwan Menuturkan bahwa dalam penerimaan CPNS 2018 ditekankan ke guru, dosen dan tenaga kesehatan, perawat, bidan, dokter, dokter gigi, tetapi pemerintah juga akan membuka untuk posisi lain. Namun semua masih akan dibahas dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Sementara untuk jumlah penerimaan CPNS, Ridwan menyatakan hal tersebut juga masih dalam tahap perhitungan. Namun diperkirakan berkisar pada angka 200 ribu formasi.‎ ‎"(Jumlah) Belum, tapi Pak Menpan beberapa kali bilang antara 200 ribu-250 ribu CPNS," tandas dia.

Pada tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengusulkan jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka di 2018. Diperkerikan akan ada 250 ribu posisi yang siap diperebutkan oleh para calon pelamar CPNS.

250 ribu posisi yang dibuka ini dimaksudkan untuk menutup para PNS yang pensiun di tahun yang sama.jadi tidak ada tambahan kuota baru dalam penerimaan CPNS ini.
Berdasarkan keterangan yang didapat dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja, ada beberapa kriteria yang nanti akan dibuka pendaftarannya di 2018.

"Pertama, tentu posisi yang sesuai dengan rencana strategis masing-masing instansi. Lebih banyak untuk jabatan teknis yang memiliki kemampuan khusus. Kalau untuk pejabat administrasi sekarang ini sudah cukup," kata dia di Bogor, pada 13 Desember 2017.

Sebagai contoh di wilayah Kalimantan. Rencana stategis pemerintah adalah memilih sesuai dengan wilayahnya. Untuk Kalimantan sebagai wilayah penghasil tambang dan batubara maka akan difokuskan ke inti daerah tersebut. Jadi, jabatan yang akan dicari pada CPNS 2018 nantinya adalah tenaga pemerintahan yang berhubungan dengan berbagai komoditi di daerah tersebut.

Dari data Kementerian PANRB, pegawai pemerintah daerah masih didominasi posisi atau jabatan yang berorientasi di sektor pertanian dan tenaga administrasi. Sementara pegawai yang sesuai dengan sektor tambang dan geologi tidak lebih dari 1 persen.

Tahapannya, instansi pemerintah daerah nantinya akan mengusulkan berbagai posisi yang dibutuhkan. Setelah itu, Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi untuk disesuaikam dengan rencana strategis di setiap instansi dan wilayah.

"Kita sudah punya peta aparatur sipil negara yang berbasia geografi, disana ada data semua di wilayah apa jumlah PNS nya berapa paling banyak bagian apa, jadi nanti kita akan pakai data itu untuk verifikasi," tambah dia.

Verifikasi ini, Setiawan melanjutkan, akan diproses di Kementerian PANRB pada bulan Februari dan Maret. Baru setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk kapan bisa mulai membuka rekrutmen CPNS 2018.

Dipastikan dari 250 ribu posisi yang diusulkan pada 2018, sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah pusat dan sisanya untuk pemerintah daerah.

Sementara mengutip laman Kementerian PANRB, Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, lowongan terbesar formasi CPNS tahun 2018 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis. Langkah ini guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian, sehingga perencanaan dan usulan ASN baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita, sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” ujarnya.
Saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Nasional adalah 4,3 juta lebih, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana/administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38 persen.

Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Sumber:Liputan6

cpns 2018 formasi cpns formasi cpns 2018 lowongan cpns lowongan cpns 2018 pendaftaran cpns 2018 penerimaan cpns 2018
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.