Saran Pencarian

Salah satu syarat CPNS 2018 adalah cum laude


Salah satu syarat CPNS 2018 adalah cum laude



Sistem rekrutmen CPNS 2018 sedang dibenahi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB). Sebenarnya sistem ini sudah dimulai oleh kementerian ini sejak perekrutan CPNS 2017 silam.


Sistem baru ini dimaksudkan untuk membenahi sistem rekrutmen bagi para pelamar CPNS yang pada tahun-tahun sebelumnya yang bisa masuk tanpa mengikuti tes dan kelengkapan persyaratan yang kurang.

"Dulu ada PNS yang diterima tanpa tes. Untuk itu saya ingin menyampaikan dalam kesempatan ini, bahwa sistem rekrutmen harus kita perbaiki dan ini sudah kita mulai dari 2017 kemarin," ujar Menteri PAN-RB Asman Abnur di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/12).

Pada tahun ini sistem terbaru mulai diterapkan oleh Kemen-PANRB, sistem ini berdasarkan prestasi di perguruan tinggi tempat calon rekrutmen menimba ilmu. Kemen-PANRB juga mengharuskan untuk calon rekrutmen pelamar CPNS 2018 mendapatkan predikat cum laude saat masa kuliah.

Asman menegaskan, "Saya syaratkan adalah anak-anak yang berasal dari lulusan cum laude. Ini sistem rekrutmen yang kita lakukan sekarang, Kita memilih 37.000 orang dari 2,6 juta (pendaftar). Saya yakin kita akan dapat pegawai-pegawai pilihan,"

Selain perbaikan pada sistem rekrutmen CPNS 2018, Kemen-PANRB juga melakukan perbaikan pada manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi berbasis kinerja. Artinya setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus melakukan perjanjian kinerja kepada gubernur dan wakil gubernur.

Asman menuturkan bahwa dia ingin mengingatkan kepada seluruh OPD agar tidak terlena dengan tunjangan kinerja yang sudah dicapai sekarang, dia meminta agar kinerja yang baik pada tahun ini bisa dipertahankan dan bisa ditingkatkan, karena hal ini akan dievaluasi setiap tahunnya.

Selain hal tersebut di atas, Kemen-PANRB juga melakukan perbaikan di ranah pelayanan publik dengan mendorong setiap provinsi bisa membuat minimum satu mal pelayanan publik yang bisa mengakomodir semua perizinan mulai dari tingkat provinsi, tingkat daerah, bahkan tingkat pusat. Selain itu Asman juga mengharapkan di dalamnya juga terintegrasi dengan pelayanan pajak, imigrasi, pengurusan SIM, pengurusan tanah maupun BPN.

Sumber:jawapos

cpns cpns 2018 penerimaan cpns 2018 syarat cpns 2018
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.