Saran Pencarian

Soal SKB Latihan Soal Seri Psikotes

#UPDATE Soal SKB Latihan Soal Seri Psikotes


Di bawah ini akan dibagikan sembilan jenis Soal Psikotes.

PSIKOTES LANJUTAN ARMY ALPA
Tes Psikologi Army Alpha adalah sebuah tes yang dikembangkan oleh seorang psikolog Amerika bernama Arthur Sinton Otis, Ph.D (28 July 1886 - 1 January 1964). Otis mengembangkan tes Army Alpha pada tahun 1917. Pada awalnya tes ini dikembangkan oleh Otis untuk didedikasikan kepada US.Army (Angkatan Militer Amerika), sehingga diberi nama Army Alpha.Tes ini pernah dipakai untuk merekrut 
1,7 juta tentara Amerika pada Perang Dunia I.

PSIKOTES LANJUTAN ARMY ALPA


PSIKOTES LANJUTAN DRAW A PERSON
Tes DAP (Draw A Person) atau juga sering disebut DAM (Draw A Man) merupakan salah satu bentuk alat tes Psikologi yang sering kita jumpai di saat proses assessment psikologi. Tes DAP atau DAM termasuk tes individual. 
Pada tahun 1926, Goodenough mengembangkan Draw-A-Man (DAM) Test untuk memprediksi kemampuan kognitif anak yang direfleksikan dari kualitas hasil gambarnya. Asumsinya: akurasi dan detail gambar yang dihasilkan menunjukkan tingkat kematangan intelektual anak. DAM test ini digunakan untuk anak usia 3 – 10 tahun.

PSIKOTES LANJUTAN DRAW A PERSON


PSIKOTES LANJUTAN EPPS
EPPS adalah singkatan dari Edwards Personal Preference Schedule, suatu alat inventory yang dikembangkan oleh Allen L. Edwards dari universitas washington USA. Tujuan awal dari alat ini didesain awal sebagai alat penelitian dan konseling untuk menyediakan pengukuran yang sesuai terhadap berbagai variabel independen kepribadian. Dasar penamaan variabel mengacu pada definisi kepribadian H.A. Murray
PSIKOTES LANJUTAN EPPS


PSIKOTES LANJUTAN HTP
Tes Psikologi HTP ini adalah tes psikologi yang dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948. Pada tes ini, peserta tes diminta untuk menggambar sebuah rumah, sebuah pohon dan seorang manusia. Yang kemudian hasil masing-masing gambar tersebut dievaluasi dari berbagai aspek untuk menilai karakter kepribadian peserta tes. Untuk mengetahui penilaian gambar pohon dan gambar orang, silakan lihat tree test dan draw a person test.

PSIKOTES LANJUTAN HTP

PSIKOTES LANJUTAN KODE DAN INGATAN
Tes Kode dan Ingatan adalah tes psikologi yang bertujuan mengukur tingkat ingatan seseorang dalam menyimpan data dalam memori otaknya. Nilai yang tinggi dalam psikotes ini menunjukkan anda memiliki tingkat memori yang baik. Dan nilai yang rendah menunjukkan tingkat memori anda kurang kuat. 
PSIKOTES LANJUTAN KODE DAN INGATAN


PSIKOTES LANJUTAN Kraeplien Pauli
Tes Pauli Krapelin dikembangkan pertamakali oleh seorang psikiater bernama Emil Kraepelin. Kraepelin pada mulanya menciptakan alat tes yang digunakan sebagai alat bantu untuk mendiagnosa gangguan otak yaitu alzheimer dan dementia. Selanjutnya, pada tahun 1938 Prof. Dr. Richard Pauli bersama Dr. Wilhelm Arnold dan Prof. Dr. Vanmethod memperbaharui tes Kraeplin sehingga dapat distandarisasikan dan dapat pula dipakai untuk mendapatkan data tentang kepribadian. Saat ini tes tersebut dikenal dengan istilah Tes Pauli-Kraepelin
PSIKOTES LANJUTAN Kraeplien Pauli

PSIKOTES LANJUTAN TES BAUM
Psikotes Tes Baum atau yang lebih dikenal dengan “Tree Test” adalah tes psikologi yang dikembangkan oleh Karl Koch yang kemudian dipublikasikan pertama kali pada tahun 1959. Dalam psikotes ini, anda sebagai peserta tes diminta untuk menggambar sebuah pohon. Perintah menggambar pohon ini bisa bervariasi. Adakalanya anda diminta menggambar pohon tertentu seperti pohon apel, pohon mangga, dll. Atau pohon tanpa buah. Atau pohon merambat. Atau pohon besar. Ataupun sebuah pohon dengan kriteria yang diinginkan penguji.
PSIKOTES LANJUTAN TES BAUM

PSIKOTES LANJUTAN TES KETELITIAN
Tes ketelitian merupakan tes psikologi yang bertujuan mengukur tingkat kecermatan atau ketelitian peserta seleksi penerimaan cpns dalam mengolah data. Adapun data bisa berupa angka, kata, atau kombinasi keduanya. Tes ketelitian ini sering digunakan dalam proses seleksi peserta CPNS yang akan ditempatkan pada bidang-bidang yang memang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, seperti akuntan, data administrator, dan lainnya. 
PSIKOTES LANJUTAN TES KETELITIAN

PSIKOTES LANJUTAN TES WARTEGG
Tes Wartegg adalah sebuah tes kepribadian yang pertama kali dibuat oleh Krueger dan Sander dari University of Leipzig. Selanjutnya, tes ini dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan kemudian oleh Marian Kinget. Tujuan dari tes wartegg ini adalah mengeksplorasi (meneliti karakter kepribadian seseorang) terutama dalam hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function, yang dimiliki oleh setiap orang namun dengan intensitas dan interelasi yang berbeda. 
PSIKOTES LANJUTAN TES WARTEGG

Untuk update Latihan Soal Terbaru silahkan ikuti/Follow blog ini dan bisa juga di media sosial lainnya di bawah ini.
Telegram : http://bit.ly/latihansoalcpnstele
Whatsapp : http://bit.ly/grupinfocpns

sumber:cpnsonline


LATIHAN SOAL CPNS latihan soal pppk soal skb woal psikotes
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.