-->

Tips Dan Trik Investasi Emas Bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi

Download Pengumuman Resmi Kemdibud Terkait Pelaksanaan Seleksi Kompetensi 1 Guru PPPK 2021 DISINI

baca juga : Download Latihan Soal Pedagogik PPPK Guru Pdf Dilengkapi Kunci Jawaban Dan Pembahasan

baca juga : Download Latihan Soal Manajerial PPPK Guru Pdf Dilengkapi Kunci Jawaban Dan Pembahasan

baca juga : Download Latihan Soal Sosio Kultural PPPK Guru Pdf Dilengkapi Kunci Jawaban Dan Pembahasan

Tips dan Trik Investasi Emas bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi

Ada beberapa tips berinvestasi emas yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar berinvestasi di komoditas ini. Simak Tips dan Trik Investasi Emas bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi di bawah ini.

baca juga : Tips Sukses Bermain Di Bisnis Pendidikan Pada Era Industri 4.0

Anda mungkin pernah mendengar, "Jangan taruh semua telur dalam satu keranjang." Orang yang paham investasi pasti terbiasa dengan nasihat ini. Pada dasarnya, diversifikasi adalah kunci untuk menghindari risiko.
Tips Dan Trik Investasi Emas Bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi
Tips Dan Trik Investasi Emas Bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi, image doc : alvindayu

Salah satu dari sedikit cara untuk berinvestasi adalah dengan berinvestasi emas. Logam mulia ini disukai bukan hanya karena mengkilap, tetapi juga karena nilainya terus meningkat dari waktu ke waktu.

Disini kami merangkum beberapa tips berinvestasi emas yang akan membantu Anda menghindari kesalahan saat memilih produk dan tempat yang Anda sukai untuk membeli emas, agar tidak tertipu oleh orang yang mengaku menjual emas murni. 

baca juga : Bisnis SPBU Pertamina, Ini Syarat Dan Cara Mendirikannya

Tips investasi emas bagi para pemula

Apa pun sarana investasi yang Anda pilih, Anda perlu lebih memahaminya, termasuk emas. Berbeda dengan deposito yang merupakan produk pasar modal atau saham yang merupakan produk pasar modal, emas merupakan komoditas yang menurut masyarakat bernilai tinggi.

Wajar saja, permintaan emas tinggi, yang berdampak pada peningkatan nilai jual produk itu sendiri. Bagi investor global, emas bukanlah pilihan investasi, melainkan solusi untuk melindungi nilai uang dari inflasi (hedge).

Misalnya, ketika Covid-19 menjadi pandemi global di tahun 2020 dan mempengaruhi perekonomian global, investor mengalihkan dananya pada emas. Akibatnya, harga emas merangkak naik.

Dengan terkendalinya pandemi, investor menjual emas mereka dan pindah ke pasar modal. Harga emas turun sementara permintaan turun.

Demikian pula bagi Anda yang baru mengenal emas sebagai pilihan investasi, berikut beberapa tips yang harus Anda ketahui.

1. Investasi Emas Untuk Jangka Pendek Atau Jangka Panjang?

Membeli emas harus bertujuan untuk meningkatkan nilainya dalam jangka panjang. Karena keuntungan dari emas tidak bisa didapat dalam jangka pendek.

Jangka panjang ini bisa berkisar antara 5 sampai 10 tahun. Perhatikan bahwa ada perbedaan atau spread antara membeli emas hari ini dan menjual emas besok.

Misalnya, beli emas hari ini dengan harga 800 ribu rupiah. Harga jualnya besok 750 ribu rupiah. Inilah sebabnya mengapa investasi emas jangka pendek harus dihindari.

2. Cek Harga Emas Secara Berkala

Harga emas per gram berubah dari waktu ke waktu. Di Indonesia, harga emas sedang dalam tren naik. Anda dapat mengikuti harga emas secara online.

Sebagai contoh, Anda dapat mengecek harga emas 10 tahun terakhir di halaman web Antam Logam Mulia. Dengan memantau, Anda mendapatkan gambaran berapa lama Anda harus menyimpan emas dan kapan harus membelinya.

Namun, perlu diingat bahwa harga masa lalu bukan merupakan masalah pasti untuk harga masa depan. Harga emas dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kebijakan Federal Reserve (bank sentral AS), kondisi ekonomi global, penawaran dan permintaan, inflasi dan banyak lagi.

3. Beli emas di tempat yang resmi

Pastikan Anda membeli emas dari lokasi yang resmi dan aman. Hindari membeli emas dari tempat yang tidak Anda percayai.

Untuk memastikan kehandalan para penjual emas, termasuk yang berjualan secara online, Anda bisa mengecek apakah namanya terdaftar di Commodity Trade Authority (Bappebti) Departemen Perdagangan.

Misalnya, Anda bisa membeli emas di PT Aneka Tambang, Tbk. (ANTM) dengan mengunjungi kantor atau membeli secara online di Antam Logam Mulia. Jika Anda membeli emas dari Antam, Anda akan diberikan sertifikat.

Anda juga dapat mengambil kesempatan untuk menyimpan emas dari pegadaian. Pembelian dapat dibeli mulai 0,1 gram. Anda bisa mengumpulkan emas di pegadaian ini secara online.

Bagaimana ? Anda tertarik untuk Investasi Emas ? Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Tips Dan Trik Investasi Emas Bagi Pemula Serta Membeli Secara Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel