Saran Pencarian

Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD

Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD

PortalPPPK.com - Berikut ini kami bagikan Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD. 

Dalam Pretest PPG 2022 akan ada materi Pedagogik, Profesional, Manajerial dan Bakat Skolastik.

Di postingan ini kami masih berfokus pada materi Profesional PKN.

Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD
Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD 



Hak Asasi Manusia

Menurut Undang-undang Nomor 39 tahun 1999, hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Hak asasi manusia memiliki ciri-ciri khusus, yaitu: hakiki, universal, tidak dapat dicabut dan tidak dapat dibagi. 

Secara umum hak asasi manusia dapat dibedakan menjadi hak asasi pribadi atau personal rights, hak asasi ekonomi atau property rights, hak asasi politik atau politial rights, hak persamaan hukum atau  rights of legal equality, hak asasi sosial dan kebudayaan atau social and culture rights, dan hak asasi mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan hukum atau procedure rights. 

Gagasan mengenai jaminan hak asasi manusia terdapat dalam setiap konstitusi atau undang-undang dasar yang pernah berlaku di Indonesia. 

Proses penegakan HAM di Indonesia mengacu kepada ketentuan-ketentuan hukum internasional yang pada dasarnya memberikan wewenang luar biasa kepada setiap negara. Pemerintah Indonesia dalam proses penegakan HAM ini telah melakukan langkah-langkah strategis, diantaranya pembentukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), pembentukan produk hukum yang mengatur mengenai HAM dan pembentukan Pengadilan HAM.  

1. Secara yuridis pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena … .

A. penegakkan HAM merupakan ciri negara demokratis

B. jaminan perwujudan HAM terdapat dalam konstitusi 

C. penghormatan terhadap HAM merupakan amanat ideologi negara

D. penegakkan HAM merupakan bagian tidak terpisahkan dari kebijakan Presiden

E. pengakuan terhadap HAM terdapat dalam berbagai jenis peraturan 

2. Bagi bangsa Indonesia, pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi  Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena merupakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila … .

A. Ketuhanan Yang Maha Esa

B. Kemanusian Yang Adil dan Beradab

C. Persatuan Indonesia

D. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan /Perwakilan

E. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

3. Perhatikan tabel berikut ini !



Berdasarkan data pada tabel tersebut, manakah yang merupakan upaya pemajuan HAM pada periode 1998 sampai dengan sekarang?

A. 1A, 2B dan 3C

B. 1A, 3B dan 2C

C. 2A, 1B dan 1C

D. 3A, 2B dan 2C

E. 3A, 3B dan 3C 

4. Bagi seorang tersangka atau terdakwa dalam perkara pidana berhak mendapatkan  perlindungan hukum dan didampingi penasehat hukum. Hal tersebut merupakan perwujudan 

A. social rights

B. political rights

C. procedural rights

D. economical rights

E. proverty rights 

5. Hak asasi manusia adalah adalah hak asasi semua semua umat manusia yang sudah  ada sejak lahir. Dengan demikian hak asasi manusia mempunyai sifat....

A. Hakiki

B. universal

C. tak terbatas

D. tidak dapat dibagi

E. individual

6. Pada dasarnya upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM sering mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disebabkan karena penegakan HAM masih bersifat parsial atau berdiri sendiri. Untuk itu, dibutuhkan peran serta segenap komponen bangsa, yaitu masyarakat dan pemerintah.  Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana hubungan peran pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM?

A. Masyarakat bisa lebih berperan aktif dengan melakukan tindakan tegas dan  keras kepada semua lembaga atau organisasi yang tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM. 

B. Pemerintah dapat memaksa masyarakat untuk patuh terhadap semua kebijakan dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM, serta memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengkritisi kebijakan tersebut. 

C. Pemerintah dapat menjadikan laporan masyarakat mengenai terjadinya pelanggaran HAM sebagai dasar untuk bertindak tegas dengan menggunakan kekerasan dalam rangka menjamin terwujudnya penghormatan dan penegakkan HAM. 

D. Pemerintah dan masyarakat berperan sesuai dengan kehendaknya dalam mewujudkan pengakuan, penghormatan dan penegakkan hak asasi manusia, karena keduanya memiliki peran yang berbeda serta tidak saling berkaitan satu sama lain. 

E. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM 

7. Di antara upaya penegakan hak asasi manusia yang dibentuk oleh lembaga  swadaya masyarakat adalah....

A. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM)

B. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI),

C. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan 

D. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras)

E. Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan 

8. Setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa atau agama disebut....

A. kejahatan terhadap kemanusia

B. kejahatan genosida

C. kejahatan perang

D. agresi

E. pembantaian

9. Saat ini sering terjadi pelanggaran HAM dalam bentuk tindak kekerasan yang menimpa para pelajar. Tindak kekerasaan tersebut sering dikenal dengan istilah bullying. Pelaku bullying bisa dari oknum pelajar atau pihak lainnya. Tindakan tersebut sebetulnya dapat dihindari apabila penegakkan HAM dapat diwujudkan di berbagai lingkungan kehidupan. Sebagai seorang pelajar, bentuk peran serta yang dapat ditampilkan untuk mencegah terjadinya bullying sebagai bagian dari upaya penegakkan HAM, diantaranya adalah dengan ... .

A. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk peraturan yang khusus  mengatur pencegahan terhadap bullying

B. meningkatkan pemahaman mengenai jenis-jenis bullying yang terjadi di  berbagai lingkungan kehidupan

C. melaporkan setiap tindakan bullying kepada aparat kepolisian dan kepala  sekolah

D. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk suatu lembaga nasional  anti bullying

E. membuat tulisan tentang pencegahan tindakan bullying di media cetak nasional  mapun local

Nasionalisme

Nasionalisme sebagai suatu faham yang menegaskan bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan. 

Ada dua hal yang harus kita lakukan untuk membina nasionalisme Indonesia, yaitu mengembangkan kesamaan di antara suku-suku bangsa penghuni Nusantara dan  mengembangkan sikap toleransi

Prasangka yaitu sikap positif atau negatif berdasarkan keyakinan stereotipe kita  tentang anggota dari kelompok tertentu. Prasangka lebih tertuju pada sikap antipati  yang berlandaskan pada cara menggeneralisasi yang salah dan tidak fleksibel.  Prasangka yang berbasis ras kita sebut rasisme, sedangkan yangberbasis etnis disebut etnisisme. 

Stereotipe, yaitu pemberian label sifat tertentu terhadap seseorang berdasarkan kategori yang bersifat subyektif, hanya karena dia berasal dari kelompok yang lain. Stereotipe adalah keyakinan seseorang untuk menggeneralisasikan sifat-sifat tertentu yang cenderung negatif tentang orang lain karena dipengaruhi oleh  pengetahuan dan pengalaman tertentu.  

Dalam substansi persatuan dan kesatuan bangsa itu terdapat sejumlah konsep dasar, di antaranya adalah persatuan, kesatuan, bangsa, integrasi nasional, nasionalisme dan patriotisme. 

Ada tiga faktor yang dapat memperkuat Persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ketiga faktor tersebut merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia. Ketiga faktor tersebut adalah Sumpah Pemuda, Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal Ika. 

Multikulturalisme pada dasarnya adalah pengakuan adanya perbedaan dan penghargaan.  

Keberagaman masyarakat Indonesia antara laian disebabkan oleh keadaan geografis, pegaruh kebudayaan asing, penerimaan masyarakat terhadap perubahan, keadaan transportasi dan komunikasi serta perbedaan kondisi alam. 

Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk materi persatuan dan kesatuan dalam keberagaman adalah bermain peran. Model ini dirasakan tepat karena berupaya memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk memerankan tokoh-tokoh tertentu yang mencerminkan keberagaman masyarakat Indonesia.

10. Kasus perbudakan buruh kuali yang pernah disidangkan oleh Pengadilan Negeri Tangerang (PN Tangerang) dengan Terdakwa YI dan kawan-kawan merupakan salah satu kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kasus tersebut sebenarnya dapat  dihindari, apabila masyarakat berperan serta dalam upaya penegakkan HAM untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM. Salah satu bentuk peran serta yang dapat ditampilkan oleh anggota masyarakat diantaranya adalah .....

A. mengawal pelaksanaan undang-undang tentang hak asasi manusia

B. melaporkan setiap pelanggaran ham yang terjadi di masyarakat

C. meningkatkan pemahaman mengenai hak dan kewajiban asasi manusia

D. mengawasi kinerja komnas ham sebagai salah satu instrumen penegakkan ham

E. membuat petisi tentang efektifitas penegakkan ham oleh Pemerintah

11. Menurut Hans Kohn, nasionalisme diartikan sebagai paham yang berpendapat

bahwa ... .

A. kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada negara kebangsaan

B. kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepada pemerintah yang  berdaulat

C. pengabdian tertinggi seorang pemimpin adalah melayani rakyatnya

D. kesetian tertinggi seorang individu harus diserahkan kepada suku bangsanya 

E. pengabdian tertinggi rakyat adalah mencintai daerah kelahirannya

12. Persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi modal utama untuk mempertahankan NKRI ternyata tidak selamanya berdiri kokoh. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perwujudannya sangat dinamis. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alasan pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah … .

A. persatuan dan kesatuan bangsa menentukan harkat dan derajat Bangsa  Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa lainnya

B. kemajuan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan rakyatnya  dalam menjaga persatuan dan kesatuan

C. paham kedaerahan akan semakin kuat apabila persatuan dan kesatuan  bangsanya pun semakin kokoh dan selalu dijaga

D. Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mensejajarkan diri dengan bangsa  lain dalam pergaulan internasional

E. persatuan dan kesatuan merupakan alat bagi bangsa Indonesia untuk  mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan

13. Sikap yang menganggap suku bangsa sendiri yang paling baik. Akibatnya akan selalu mementingkan suku bangsa sendiri dan mengabaikan kepentingan suku bangsa lain disebut ... .

A. Sukuisme

B. Chauvinisme

C. Provinsialisme

D. Primordialisme

E. Ekstrimisme 

14. Kecintaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara bukan hanya ditampilkan ketika kalau ada negara lain yang ingin menjajah negara kita, akan tetapi diwujudkan dalam kegiatan pembangunan di segala bidang. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu contoh sikap/perilaku yang mencerminkan kecintaan kepada tanah air di bidang ekonomi adalah … .

A. mengembangkan koperasi berasaskan kekekeluargaan untuk kesejahteran  bersama

B. menerima pengaruh asing yang dapat memajukan dan mengembangkan  kebudayaan nasional

C. menjauhi paham kedaerahan yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan  bangsa

D. berani melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila terjadi pelanggaran

E. mendukung dan melaksanakan semua kebijakan pemerintah pusat dan daerah 

15. Perhatikan perwujudan kepulauan nusantara di bawah ini : 

(1) Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi seluruh bangsa dan negara. 

(2) Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam pembelaan negara. 

Dua pernyataan di atas merupakan perwujudan dari ....

A. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi

B. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi

C. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya

D. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik

E. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan

16. Sebagai warga negara Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan sloganBhinneka Tunggal Ika. Slogan yang merupakan prinsip dari pandangan hidup negara kita terhadap kemajemukan suku-suku yang ada di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut,  fungsi dari semboyan  Bhinneka Tunggal Ika adalah ….

A. menjadi landasan mewujudkan persatuan dan juga kesatuan bangsa Indonesia

B. sebagai pedoman untuk mengembangkan kebudayaan daerah masing-masing

C. menjadi landasan dalam berperilaku antarsuku bangsa yang berbeda-beda

D. sebagai pedoman menyusun amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945

E. menjadi landasan dalam menerapkan Pancasila sebagai ideologi terbuka 

17. Sebagai negara majemuk, Indonesia menjadi negara paling rawan terhadap konflik yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk mengatasinya peran serta masyarakat sangat diperlukan. Salah satu peran tersebut adalah dimilikinya kesadaran berbangsa dan bernegara yang diwujudkan  dengan … .

A. memiliki sikap disiplin yang tinggi untuk mendorong kemajuan masyarakat

B. menghindari perilaku yang menimbulkan pertentangan diantara tokoh masyarakat

C. menghormati dan menghargai keberagaman di masyarakat 

D. berwawasan luas dalam  menyelesaikan permasalahan di masyarakat

E. memiliki sikap hidup modern dan mampu memanfaatkan teknologi modern 

18. Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, etnik, budaya, agama serta karakteristik dan keunikan di setiap wilayahnya. Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, sangat diperlukan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap saling menghargai dan menghormati. Berdasarkan ilustrasi, salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya  kondisi tersebut adalah untuk …. 

A. memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional

B. memperkecil segala hal yang berpotensi menimbulkan konflik di masyarakat

C. memperkuat kedudukan pemerintah pusat sebagai pemegang kedaulatan rakyat

D. memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan

E. menghilangkan perbedaan antarsuku bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

19. Kata kunci dalam multikulturalisme adalah ... .

A. pengakuan adanya perbedaan dan penghargaan

B. penegasan tentang keberagaman

C. pengakuan adanya kesenjangan dalam masyarakat majemuk

D. pengakuan adanya keseragaman dan penghargaan

E. penegasan akan pentingnya persatuan dan kesatuan 

20.  Rambu-rambu dalam pelaksanaan bermain peran adalah ... . 

A. Setiap siswa hendaknya memerankan peran yang berbeda

B.Setiap siswa diminta untuk memainkan peran yang sejenis untuk memudahkan  pengamatan

C. Guru hendaknya berperan sebagai salah satu tokoh

D. Guru dapat meminta siswa untuk membuat skenario sendiri

E. Guru meminta siswa untuk mencari tokoh yang akan diperankan  


Nilai
Nilai adalah suatu kenyataan yang tersembunyi dibalik kenyataan-kenyataan  lainnya. Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong dan mengarahkan (motivator) sikap dan perilaku manusia. Nilai sebagai suatu sistem merupakan salah satu wujud kebudayaan di samping system sosial dan karya. 

Nilai bukanlah benda atau materi. Nilai adalah standar atau kriteria bertindak, kriteria keindahan, kriteria kebermanfaatan, ketidakbermanfaatan, atau disebut pula harga yang diakui oleh seseorang dan oleh karena itu orang berupaya berjunjung tinggi untuk memeliharanya. Nilai tidak dapat dilihat secara konkrit melainkan tercermin dalam pertimbangan harga yang khusus yang diakui oleh individu. Oleh karena itu, ketika seseorang menyatakan bahwa sesuatu itu bernilai maka seyogyanya ada argumen-argumen baik dan
tidak baiknya.  

Moral merupakan ajaran tentang hal yang baik dan buruk, yang menyangkut tingkah laku/ucapan dan perbuatan seseorang dalam berinteraksi dengan manusia, apabila yang dilakukan seseorang tersebut sesuai dengan nilai rasa yang berlaku di masyarakat tersebut dan dapat diterima serta menyenangkan lingkungan masyarakatnya, maka orang itu dinilai memiliki moral yang baik, demikian pula sebaliknya. 

Masyarakat memiliki peranan penting bagi pembangunan moral anak. Pembinaan tidak akan bias berpengaruh bila tidak didukung dengan lingkungan yang baik. Kita bias saksikan, banyak anak-anak bermoral baik pasti mereka berada pada lingkungan yang baik, demikian sebaliknya. Karena itulah orang tua, lembaga pendidikan, dan lingkungan harus mengenalkan lingkungan yang baik kepada anak sebagai pendidikan anak secara langsung maupun tidak langsung. Banyak macam ragam moral yang hidup dan berlaku pada sustu masyarakat, dan berbeda antara moral yang hidup pada masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya.

Norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu “Norm” yang artinya patokan, pokok kaidah, atau pedoman, baik tertulis maupun tidak tertulis. Namun ada yang menyatakan bahwa istilah norma berasal dari bahasa latin “Mos” yang merupakan bentuk jamak dari kata mores, yang memiliki arti kebiasaan, tata kelakuan, atau
adat istiadat. 

Biasanya norma berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu, misalnya etnis atau Negara tertentu. Namun, ada juga norma yang sifatnya universal dan berlaku bagi semua manusia. 

Oleh karenanya bagi individu atau kelompok masyarakat yang melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat tersebut, maka akan dikenakan sanksi yang berlaku. Dengan kata lain, norma memiliki kekuatan dan sifatnya memaksa. 
Beberapa ciri yang melekat pada norma yang ada dalam masyarakat setelah
menyimak karekteristik yang dikemukakan di atas, antara  lain : 
➢ Pada umumnya norma tidak tertulis, kecuali Norma Hukum.
➢ Norma bersifat mengikatdan terdapat sanksi di dalamnya.
➢ Norma merupakan kesepakatan bersama anggota masyarakat.
➢ Anggota masyarakat wajib menaati norma yang berlaku.
➢ Anggota masayarakat yang melanggar norma dikenakan sanksi.
➢ Norma dapat mengalami perubahan sesuai perkembangan masyarakat. 

Dalam kaitannya dengan pembinaan warga Negara yang baik yang tahu akan hak dan kewajibannya, maka pada dasarnya nilai, moral dan norma saling berhubungan. Dimana seseorag dalam bersosialisasi di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berperilaku sesuai dengan nilai, moral, dan norma yang ada dan berlaku di masyarakat.  

Pancasila sebagai sumber nilai, moral, norma, dan kaidah-kaidah lainnya, memiliki peranan yang strategis dalam membina warga Negara yang baik, mau melaksanakan hak dan kewajiban dalam berbagai bidang kehidupan kemasyarakatan lainnya. Melalui pendidikan yang diselenggarakan baik dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat merupakan salah satu bentuk pewarisan nilai, moral, dan norma yang sangat efektif.  

21. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, betapa banyak nilai  dalam masyarakat. Nilai-nilai ini merupakan sesuatu yang berharga dalam kehidupan. Oleh karenanya setiap orang menjaga secara baik setiap nilai yang mereka harapkan. Misalnya  sesorang berharap terjaminnya nilai sosial, nilai kebenaran,nilai keindahan, nilai moral, maupun nilai agama yang mereka anut masing-masing. Nilai moral sebenarnya …. 
A. Nilai yang bersumber dari unsur rasa yang terdapat pada setiap diri manusia,  dan biasa disebut dengan nilai estetika.
B. Nilai yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan yang tersimpan dalam ajaran  agama dan dianggap nilai yang paling tinggi disbanding yang lainnya.
C. Nilai yang besumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia  dapat bergaul dengan baik diantara sesama manusia lainnya.
D. Nilai yang melakat pada masyarakat berkaitan dengan sikap dan tindakan  manusia  nilai ini menjadi ciri bahwa manusia tidak dapat hidup mandiri.
E. Nilai yang bersumber dari akal manusia. Nilai ini mutlak dibawa sejak lahir.  Oleh karenanya ada yang menyatakan nilai ini merupakan kodrat dari Tuhan.
 
22. Kita mengenal nilai vital, dan setiap orang pasti membutuhkan dan mempertahankannya. Tanpa nilai vital, seseorang tidak mampu mempertahankan hidupnya dalam masyarakat. Yang kita fahami bahwa nilai vital ini merupakan …..
A. Nilai sosial yang berguna bagi memenuhi kebutuhan rohani atau spiritual  manusia yang sifatnya lebih universal atau umum.
B. Nilai sosial yang berguna bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam  menjalankan kehidupannya sehari-hari.
C. Nilai sosial yang berguna bagi jasmani manusia, termasuk benda-benda nyata yang dapat dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik. 
D. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu keyakinan atau kepercayaan oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 
E. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan manusia, atau sering juga disebut sebagai nilai estetika.  

23. Moral memiliki arti sangat luas, ada yang menyatakan sebagai aturan kesusilaan  berkaitan dengan benar, salah, baik, maupun buruk, dan ada lagi pernyataan yang pada dasarnya menuju pada ati yang sama. Oleh karenanya moral hendaknya…..
A. Menjadi alat untuk mengukur kadar berguna atau tidak berguna bagi  kehidupan masyarakat
B. Menjadi alat perilaku yang mengacu pada kehendak pribadi atau kehendak  sekelompok orang yang berkepentingan.
C. Sebagai akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum  atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.
D. Berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku individu,  dianggap benar dan baik oleh individu sendiri.
E. Ajaran tentang sesuatu yang berguna bagi seseorang tidak untuk yang lainnya  dalam kehidupan bermasyarakat.
 
24. Perkembangan moral seorang anak manusia berkaitan erat dengan perkembangan kognitifnya. Oleh karenanya  dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tuntutan untuk mampu menampilkan moral terbaik sebagai warga Negara merupakan tututan yang tidak terhindarkan. Hal ini sangat berkaitan erat dengan hal di bawah ini, kecuali  ….
A. Pembinaan warga negara yang baik yang tahu akan hak dan kewajibannya  dalam berbagai aspek kehidupan. 
B. Pencitraan dalam aspek kehidupan untuk dapat dihargai oleh anggota masyarakat lainnya. 
C. Menciptakan masyarakat yang seimbang dalam memenuhi kebutuhan kehidupannya sebagai warga Negara maupun warga masyarakat. 
D. Membentuk masyarakat yang memiliki nilai moral tanggung jawab terhadap diri maupun lingkungannya. 
E. Mampu menjunjung norma-norma yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan beregara. 

25. Dalam berinteraksi dan bersosialisasi menusia membutuhkan kontak atau  hubungan dengan manusia lainnya. Harmonisasi hubungan antara manusia denga lainnya membutuhkan aturan atau ketentuan yang disebut dengan norma.  Soerjono Soekanto mengartikan sebagai ketentuan atau …. 
A. Sebuah harapan atau aturan masyarakat yang akan memandu perilaku dari anggota didalamnya. 
B. Merupakan gambaran dari apa yang diinginkan itu merupakan suatu yang pantas atau baik sehingga atau baik. 
C. Merupakan sebuah perintah yang anonym dan tidak personal.
D. Sebagai perangkat dalam masyarakat agar hubungan terjalin baik.
E. Sebagai sebuah petunjuk atau aturan dalam hidup yang mampu memberikan  acuan perbuatan yang harus dilakukan atau dihindari.   
 
26. Norma yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dilihat dari daya pengikatnya terhadap kehidupan sosial di masyarakat dapat berupa : cara (usage), Tata kelakuan (mores), adat istiadat (custom), Hukum (law), dan norma mode atau norma fashion. Yang dimaksud dengan norma mode atau norma fashion adalah...
A. Norma yang lahir dari adanya kehadiran gaya dan cara anggota masyarakat  yang cenderung berubah, bersifat baru dan diikuti masyarakat. 
B. Tata kelakuan yang terintegrasi kemudian menjadi kuat keberadaannya dengan pola perilaku masyarakat dan terus meningkat sehingga menjadi kebiasaan. 
C. Kebiasaan yang tidak semata-mata dianggap sebagai suatu cara dalam suatu cara berperilaku, namun dapat diterima sebagai norma pengatur. 
D. Mengacu pada bentuk perbuatan-perbuatan yang lebih menonjolkan pada hubungan yang terjadi antar individu. 
E. Merupakan sebuah ketentuan hukum dalam mengatur individu di lingkungan masyarakat baik tertulis maupun tidak tertulis dilengkapi denga sanksi. 

27. Tiap hubungan mengandung nilai, moral, dan norma, yakni tidak ada hubungan  sosial yang terlepas tanpa hubungan susila. Hubungan sosial ini ada yang bersifat sosial horizontal, dan sosial vertical. Keua hubungan ini bila dilakukansecara benar akan menghasilkan keharmonisan kehidupan. Hubungan sosial vertikal merupakan bentuk hubungan .…. 
A. yang bersifat pribadi antara individu dengan tuhannya, bersifat transendental atau hubungan rohaniah. 
B. yang terjadi antara sesama antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat.
C. yang dilakukan antar sesama manusia dalam memenuhi kebutuhan hajat hidupnya.
D. pribadi sesama manusia dengan tuhannya yang bersifat alamiah sebagai mahluk tuhan.
E. antara Negara dan warga Negara dalam hubungannya dengan hak  kewajibannya.
 
28. Penerapan secara nyata tentang nilai, moral, dan norma serta kaidah-kaidah masyarakat lainnya dalam kehidupan setidaknya memiliki dua alasan pokok, bagi ….  
A. Kepentingan Negara dan kepentingan kemanan Negara 
B. Kepentingan Negara dan kepentingan pemerintahan Negara
C. Kepentingan dirinya sendiri sebagai individu dan kepentingan stabilitas  kehidupan masyarakat.
D. Kepentingan tiap-tiap individu berdasarkan kepentingannya dan kepentingan  Negara sebagai individu.
E. Kepentingan stabilitas masyarakat sebagai warga Negara terhadap negaranya  dalam menjalankan hak dan kewajibannya.
 
29. Pendidikan merupakan salah satu upaya pewarisan nilai, moral, norma, dan kaidah-kaidah masyarakat lainnya. Pancasila sebagai sumber nilai, moral dan norma bagi warga masyarakat Indonesia yang harus diwariskan kepada setiap warga Negara merupakan kewajiban Negara. Ini meruapakan amanah dari pembukaan UUD NRI tahun 1945 …. 
A. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 3 
B. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 1
C. Pembukaan UUD NRI tahun 1945 alinea 4
D. Beberapa pasal UUD NRI tahun 1945 terutama pasal 29 

30. Hubungan antara nilai, moral, dan norma, serta kaidah-kaidah kemasyarakatan  lainnya baik berkaitan dengan hak atau kewajiban, diantaranya kewajiban setiap warga Negara terhadap negaranya melalui kewajiban Bela Negara. Hak dan kewajiban ini dimaksudkan …...
A. untuk menangkal setiap rongrongan dari Negara asing yang akan merugikan  Negara Indonesia.
B. untuk menangkal gangguan yang hanya ada dan mengganggu keamanan  Negara dan masyarakat.
C. untuk menangkal setiap gangguan dan ancaman baik dari negar asing maupun  yang ada dalam wilayah Negara sendiri
D. untuk mewajibkan seluruh lapisan masyarakat dalam mewujudkan pertahanan diseluruh lapisan masyarakat 
E. untuk menjadikan. seluruh kekuatan baik militer, kepolisian, maupun masyarakat menjadi kekuatan militer

Pancasila
Pancasila itu merupakan landasan bagi penyelenggara negara dan pelaksanaan   sistem pemerintahan yang memiliki kedudukan tertinggi dan sebagai sumber dari segala  sumber hukum dalam ketatanegaraan di Indonesia, konsekuensinya segala peraturan yang  ada harus berdasar dan bersumberkan Pancasila.  

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diartikan sebagai suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita-cita mengenai sejarah, manusia, masyarakat, hukum dan negara Indonesia yang bersumber dari kebudayaan nasional. 

Pancasila menjadi basis teori dalam penyelenggaran negara. Sebagai ideologi nasional, Pancasila mencakup ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila itu sendiri. Jadi Pancasila mempunyai tiga kedudukan yang istimewa secara sekaligus yaitu sebagai ideologi nasional, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia.  

Keberadaan rakyat yang menjadi penduduk maupun warga negara, secara konstitusional tercantum dalam pasal 26 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Warga negara global adalah warga negara yang bertanggungjawab untuk memenuhi  persyaratan institusional dan kultural demi kebaikan yang lebih besar bagi masyarakat. 

Masuknya globalisasi ke Indonesia tentu saja secara langsung akan membawa pengaruh baik yang positif maupun yang negatif ke dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pengaruh tersebut dapat terlihat dalam aspek politik, ekonomi, sosial-budaya serta pertahanan dan keamanan. 

Ada tiga alternatif sikap yang bisa diambil oleh bangsa kita dalam mengahadapi globalisasi ini. Pertama, menolak dengan tegas semua pengaruh globalisasi dalam semua aspek kehidupan. Kedua, menerima sepenuhnya  pengaruh tersebut tanpa  disaring terlebih dahulu. Ketiga, bersikap selektif terhadap pengaruh tersebut, yaitu kita mengambil hal-hal positif dari
globalisasi dan membuang hal-hal negatifnya

31. Sebagai suatu sistem pemikiran, ideologi bersumber dari pandangan dan falsafah  hidup bangsa. Hal tersebut akan membuat ideologi tersebut berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat dan kecerdasan kehidupan bangsa. Artinya, ideologi tersebut bersifat terbuka dengan senantiasa mendorong terjadinya perkembangan-perkembangan pemikiran baru tentang ideologi tersebut, tanpa harus kehilangan jatidirinya dan mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakatnya. Sama halnya dengan Pancasila yang nilai-nilainya terus berkembang dan bersumber dari nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia sendiri. Berkaitan dengan hal itu, arti penting Pancasila sebagai
ideologi negara adalah … . 
A. Pancasila merupakan suatu ideologi yang pragmatis, yang hanya menekankan pada segi praktis-praktis belaka tanpa adanya aspek idealisme 
B. Pancasila  merupakan norma yang bersifat idealis, nyata dan reformatif yang tidak hanya dibenarkan, melainkan dibutuhkan oleh seluruh warga masyarakat. 
C. nilai-nilai Pancasila berubah-ubah yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap waktu 
D. Pancasila Isinya  terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang diperlukan dan wajib ditaati oleh seluruh warga masyarakat 
E. Pancasila diciptakan oleh negara, dalam hal ini penguasa negara yang mutlak
harus diikuti oleh seluruh warga masyarakat 

32. Dari pernyataan-pernyataan berikut ini manakah yang menunjukkan bahwa nilai  Pancasila itu bersifat subjektif?
A. Rumusan sila-sila Pancasila menunjukkan adanya sifat universal
B. Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup, pegangan hidup, pedoman  hidup, petunjuk hidup bangsa Indonesia
C. Nilai-nilai Pancasila terkait dengan hidup kemanusiaan yang mutlak
D. Pancasila dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun 1945 menurut ilmu hukum memenuhi syarat sebagai pokok kaidah negara yang fundamental 
E. Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang mengandung makna tidak dapat diubah (tetap) karena kemerdekaan (yang di dalamnya mengandung Pancasila) merupakan karunia Tuhan 

33. Perhatikan beberapa pernyataan berikut ini!
(1) Mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)
(2) Membayar iuran warga sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
(3) Membayar pajak kendaraan bermotor sesuai dengan ketentuan yang berlaku
(4) Menjaga kelestarian lingkungan sekitar tempat tinggal
(5) Memberikan bantuan Program Keluarga Harapan tepat sasaran.
(6) Berani menyampaikan pendapat untuk kepentingan bersama.
(7) Mengendalikan diri untuk tidak menyebarkan berita-berita hoax (bohong).
(8) Menghargai keberadaan orang lain. 

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, perilaku positif yang menjamin terwujudnya nilai keadilan di lingkungan masyarakat ditunjukkan oleh nomor … . 
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (3), (5), dan (7)
C. (2), (4), (6), dan (8)
D. (3), (5), (7), dan (8)
E. (4), (5), (7), dan (8 

34. Pancasila sebagai dasar negara mempunyai makna ... . 
A. sebagai pedoman bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari
B. sebagai pedoman dalam penyusunan perundang-undangan
C. sebagai way of life
D. sebagai dasar dalam menyelenggarakan pemerintahan negara
E. sebagai etika kehidupan bermasyarakat 
 
35. Kecanggihan alat komunikasi yang ditandai dengan munculnya internet secara langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya, sehingga kita secara tidak langsung telah melakukan proses tranformasi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita. Selain itu juga, dengan adanya  informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai kehidupan, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan  dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan  dan kesejahteraan kita. Kondisi tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka. Berkaitan dengan hal itu, bagaimana tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara apabila dikaitkan perkembangan IPTEK? 
A. Perkembangan IPTEK harus mendorong para pejabat negara untuk melek teknologi dengan tidak meninggalkan nilai-nilai Pancasila. 
B. Perkembangan IPTEK harus dapat memperkokoh posisi rakyat Indonesia sebagai objek pembangunan politik. 
C. Pembangunan IPTEK harus mendorong terwujudnya sistem ekonomi berbasis pasar dan moderen. 
D. Pembangunan IPTEK  ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dengan segala bentuk kebebasannya.  
E. Perkembangan IPTEK  tidak hanya memikirkan apa yang ditemukan dan diciptakan, tetapi memikirkan dampak bagi manusia dan lingkungannya

36. Menurut Undang-Undang RI Nomor 12 yang menjadi warga negara Indonesia  adalah....
A. anak yang lahir dari perkawinan yang sah dari seorang ayah Warga Negara  Indonesia dan ibu warga negara asing
B. orang Indonesia, kawulanegara Belanda, yang bertempat tinggal di Suriname  atau Antilen (koloni Belanda)
C. penduduk asli Indonesia, yaitu mereka yang dahulu termasuk golongan  Bumiputera dan berkedudukan di Wilayah RI
D. orang Cina dan Arab yang lahir di Indonesia atau sedikitnya bertempat tinggal  enam bulan di wilayah RI dan dalam waktu dua tahun sesudah   tanggal 27 Desember 1949 menyatakan memilih menjadi warga negara Indonesia 
E. anak-anak yang lahir dalam waktu 300 hari setelah ayahnya yang mempunyai
kewarganegaraan Indonesia meninggal

37. Pada saat ini Masyarakat suatu negara dengan mudah dan cepat mendapatkan  informasi dari negara-negara di dunia karena kemajuan teknologi, antara lain melalui televisi,radio,media cetak, internet dan lain-lain. Dengan jaringan komunikasi yang semakin maju telah membantu meluasnya pasar ke berbagai belahan dunia untuk barang yang sama. Akibatnya selera masyarakat dunia baik yang berdomisili di kota ataupun di desa- menuju pada selera global. Kondisi tersebut menunjukkan terjadinya globalisasi pada bidang … .
A. ideologi
B. politik 
C. ekonomi
D. sosial budaya
E. pertahanan dan keamanan 

38. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. 
(1) Meningkatnya demokratisasi, tranparansi dalam pemerintahan. 
(2) Meningkatkan kemakmuran masyarakat
(3) Terwujudnya jaminan hak asasi manusia oleh suatu negara.
(4) Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan  biaya tinggi.
(5) Meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat.
(6) Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.
(7) Terwujudnya kebebasan yang bertanggungjawab sehingga dapat mendorong  kreatifitas masyarakat
(8) Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri.

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, manakah yang merupakan dampak positif globalisasi di bidang ekonomi? 
 
A. (1), (2), (3), dan (4)
B. (1), (3), (5), dan (7)
C. (2), (4), (6), dan (8)
D. (3), (5), (7), dan (8)
E. (4), (5), (7), dan (8 

39. Dalam bidang sosial, globalisasi telah membawa pengaruh dalam perilaku yang  ditampilkan oleh setiap masyarakat. Diantara pengaruh tersebut adalah dalam hal gaya hidup, gaya pakaian, dasar ikatan hidup bermasyarakat dan semakin mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi sosial? 
A. Bangsa Indonesia harus menerima sepenuhnya nilai-nilai kehidupan yang berkembang pada masyarakat Internasional 
B. Bangsa Indonesia harus menolak sepenuhnya semua nilai-nilai kehidupan yang berkembangsa pada masyarakat Internasional 
C. Bangsa Indonesia harus bersikap terbuka terhadap berbagai pengaruh globalisasi dengan cara meninggalkan semua tradisi kedaerahan. 
D. Bangsa Indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh globalisasi sosial dengan memperkuat paham kedaerahan. 
E. Bangsa Indonesia harus memanfatkan kemajuan ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini diyakini kebenarannya. 

40. Globalisasi ekonomi bukanlah proses yang baru. Sejak lima abad yang lalu  perusahaan-perusahaan di negara-negara yang perekonomiannya telah maju, telah meluaskan jangkauannya melalui aktivitas produksi dan perdagangan  ke berbagai belahan dunia. Namun, sejak dua  hingga tiga dekade lalu, globalisasi ekonomi telah semakin mempercepat perluasan jangkauannya sebagai akibat dari  perkembangan teknologi dan kebijakan-kebijakan liberalisasi yang telah melanda dunia. Oleh karena itu,  bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi ekonomi tersebut? 
A. Bangsa Indonesia harus menyesuaikan sistem perekonomian Pancasila dengan melaksanakan nilai-nilai ekonomi liberal. 
B. Bangsa Indonesia harus mempertimbangkan kepentingan pasar internasional dalam melakukan kebijakan pembangunan ekonomi. 
C. Melakukan amandemen UUD NRI 1945 untuk memasukkan nilai-nilai ekonomi liberal yang lebih modern supaya mendapatkan kepastian hukum. 
D. Bangsa Indonesia harus menerapkan sistem ekonomi kerakyatan, berasas kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral Pancasila dan berpihak kepada rakyat. 
E. Pemerintah Indonesia harus mengubah pola pikir masyarakat Indonesia untuk mengikuti sepenuhnya proses globalisasi ekonomi dunia 

41. Secara yuridis pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena … .
A. penegakkan HAM merupakan ciri negara demokratis
B. jaminan perwujudan HAM terdapat dalam konstitusi
C. penghormatan terhadap HAM merupakan amanat ideologi negara
D. penegakkan HAM merupakan bagian tidak terpisahkan dari kebijakan  Presiden
E. pengakuan terhadap HAM terdapat dalam berbagai jenis peraturan 

42. Bagi bangsa Indonesia, pengakuan, penghormatan dan penegakkan Hak Asasi Manusia (HAM) sangat penting diwujudkan, karena merupakan salah satu bentuk pengamalan Pancasila terutama sila … .
A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusian Yang Adil dan Beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam 
Permusyawaratan/ Perwakilan
E. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 
 
43. Hak asasi manusia adalah adalah hak dasar yang dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa kepada seluruh umat manusia. Dengan demikian hak asasi manusia mempunyai sifat....
A. hakiki
B. universal
C. tak terbatas
D. tidak dapat dibagi
E. individual 

44. Bagi seorang tersangka atau terdakwa dalam perkara pidana berhak
mendapatkan perlindungan hukum dan didampingi penasehat hukum. Hal
tersebut  merupakan perwujudan ... .
A. social rights
B. political rights
C. procedural rights
D. economical rights
E. proverty rights 

45. Perhatikan tabel berikut ini !

Berdasarkan data pada tabel tersebut, manakah yang merupakan upaya pemajuan HAM pada periode 1998 s.d sekarang? 
A. 1A, 2B dan 3C
B. 1A, 3B dan 2C
C. 2A, 1B dan 1C
D. 3A, 2B dan 2C
E. 3A, 3B dan 3C 

46. Saat ini sering terjadi pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dalam bentuk tindak kekerasan yang menimpa para pelajar. Tindak kekerasaan tersebut sering dikenal dengan istilah bullying. Pelaku bullying bisa dari oknum pelajar atau pihak lainnya. Tindakan tersebut sebetulnya dapat dihindari apabila penegakkan HAM dapat diwujudkan di berbagai lingkungan kehidupan. Sebagai seorang pelajar, bentuk peran serta yang dapat ditampilkan untuk mencegah terjadinya bullying sebagai bagian dari upaya penegakkan HAM, diantaranya adalah dengan ... . 
A. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk peraturan yang khusus mengatur pencegahan terhadap bullying 
B. meningkatkan pemahaman mengenai jenis-jenis bullying yang terjadi di berbagai lingkungan kehidupan 
C. melaporkan setiap tindakan bullying kepada aparat kepolisian dan kepala sekolah 
D. mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk suatu lembaga nasional anti bullying 
E. membuat tulisan tentang pencegahan tindakan bullying di media cetak nasional mapun lokal. 

47. Kasus perbudakan buruh kuali yang pernah disidangkan oleh Pengadilan Negeri Tangerang (PN Tangerang) dengan Terdakwa YI dan kawan-kawan merupakan salah satu kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia. Kasus tersebut sebenarnya dapat dihindari, apabila masyarakat berperan serta dalam upaya penegakkan HAM untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM. Salah satu bentuk peran serta yang dapat ditampilkan oleh anggota masyarakat diantaranya adalah ... .
A. mengawal pelaksanaan undang-undang tentang hak asasi manusia
B.   melaporkan setiap pelanggaran ham yang terjadi di masyarakat
C.   meningkatkan pemahaman mengenai hak dan kewajiban asasi manusia
D. mengawasi kinerja komnas ham sebagai salah satu instrumen penegakkan  ham
E.  membuat petisi tentang efektifitas penegakkan ham oleh Pemerintah 

48. Pada dasarnya upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan hak asasi manusia  sering mengalami kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Hal tersebut disebabkan karena penegakan hak asasi manusia masih bersifat parsial atau berdiri sendiri. Untuk itu, dibutuhkan peran serta segenap komponen bangsa, yaitu masyarakat dan pemerintah.  Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana hubungan peran pemerintah dan masyarakat dalam upaya pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM? 
A. Masyarakat bisa lebih berperan aktif dengan melakukan tindakan tegas dan keras kepada  semua lembaga atau organisasi yang tidak mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM. 
B. Pemerintah dapat memaksa masyarakat untuk patuh terhadap semua kebijakan dalam proses pengakuan, penghormatan dan penegakkan HAM, serta memberikan sanksi kepada siapa saja yang mengkritisi kebijakan tersebut. 
C. Pemerintah dapat menjadikan laporan masyarakat mengenai terjadinya pelanggaran HAM sebagai dasar untuk bertindak tegas dengan menggunakan kekerasan dalam rangka menjamin terwujudnya penghormatan dan penegakkan HAM. 
D. Pemerintah dan masyarakat berperan sesuai dengan kehendaknya dalam mewujudkan pengakuan, penghormatan dan penegakkan hak asasi manusia, karena keduanya memiliki peran yang berbeda serta tidak saling berkaitan satu sama lain. 
E. Pemerintah bertindak sebagai regulator atau pembuat kebijakan penegakkan HAM, sementara itu masyarakat mendukung dengan tetap bersikap kritis kebijakan pemerintah tersebut dalam proses penegakkan HAM. 

49. Pada saat ini kecintaan terhadap tanah air, bangsa, dan negara tidak ditampilkan dalam bentuk keikutsertaan dalam peperangan fisik, akan tetapi diwujudkan dalam kegiatan pembangunan di segala bidang. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu contoh sikap/perilaku yang mencerminkan kecintaan kepada tanah air di bidang politik adalah … . 
A. mengembangkan koperasi berasaskan kekekeluargaan untuk kesejahteran bersama
B. menerima pengaruh asing yang dapat memajukan dan mengembangkan 
kebudayaan nasional
C. menjauhi paham kedaerahan yang dapat melemahkan persatuan dan kesatuan 
bangsa
D. berani melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila terjadi pelanggaran
E. mendukung dan melaksanakan semua kebijakan pemerintah pusat dan daerah

50. Secara geografis Indonesia berada pada posisi silang, karena diapit oleh dua  benua (Asia di utata dan Australia di Selatan) dan dua samudera (Pasifik di utara dan Hindia di selatan). Posisi silang Indonesia  merupakan sebuah potensi sekaligus ancaman bagi integrasi nasional bangsa Indonesia. Dikatakan sebuah potensi karena akan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Akan tetapi, posisi silang ini juga mejadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa. Ancaman bagi bangsa  Indonesia ada di berbagai bidang kehidupan. Salah satu bentuk ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa di bidang sosial adalah … . 
A. munculnya berbagai paham radikal dalam bentuk aksi terror kepada pemerintah maupun masyarakat 
B. gejala bangkitnya kembali komunisme, meskipun paham ini sudah dilarang oleh negara 
C. gaya hidup individualistis yang semakin melunturkan budaya gotong royong pada masyarakat Indonesia 
D. timbulnya kesenjangan  yang tajam sebagai akibat dari adanya persaingan bebas
E. Indonesia akan dibanjiri oleh barang-barang dari luar seiring dengan adanya  perdagangan bebas.

51. Berikut ini beberapa aspek wawasan nusantara
1) Ideologi
2) Demografi 
3) Politik
4) Geografi 
5) Ekonomi 
6) Kekayaan alam
7) Pertahanan/keamanan 
Berdasarkan data tersebut, aspek alamiah wawasan nusantara ditunjukan oleh nomor … . 
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 4 dan 6
D. 3, 5 dan 7
E. 4, 6 dan 7 

52. Perhatikan perwujudan kepulauan nusantara di bawah ini :    
(1) Bahwa ancaman terhadap satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman bagi
seluruh bangsa dan negara. 
(2) Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama di dalam
pembelaan negara. 

Dua pernyataan di atas merupakan perwujudan dari .... 
A. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ideologi
B. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi
C. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan sosial budaya
D. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik
E. Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan pertahanan keamanan 

53. Sebagai warga negara Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan slogan Bhinneka Tunggal Ika. Slogan yang merupakan prinsip dari pandangan hidup negara kita terhadap kemajemukan suku-suku yang ada di dalamnya. Berdasarkan hal tersebut, fungsi dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika adalah …. 
A. menjadi landasan mewujudkan persatuan dan juga kesatuan bangsa Indonesia
B. sebagai pedoman untuk mengembangkan kebudayaan daerah masing- masing
C. menjadi landasan dalam berperilaku antarsuku bangsa yang berbeda- beda
D. sebagai pedoman menyusun amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945
E. menjadi landasan dalam menerapkan Pancasila sebagai ideologi terbuka

54. Indonesia memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial  budaya, seperti adat istiadat, bahasa, agama, kesenian, dan sebagainya. Perbedaan atau keanekaragaman tersebut tidak menjadikan bangsa Indonesia bercerai-berai, namun justru merupakan potensi untuk mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang besar. Hal ini dapat terwujud apabila setiap warga negara menampilkan sikap atau perilaku warga negara yang dapat memperkokoh persatuan dan  kesatuan bangsa Indonesia, seperti sikap toleransi dan tenggang rasa antaragama, antarsuku, antar golongan dan antarbangsa. Salah satu arti penting sikap/perilaku yang menunjang terciptanya persatuan dan  kesatuan bangsa adalah … .
A. memperkuat posisi kebudayaan daerah di atas kebudayaan nasional untuk  menunjang kemajuan negara
B. meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap suku atau daerhanya melebihi  kecintaannya kepada negara
C. memperkuat kedudukan pemerintah pusat di atas pemerintah daerah atau  pemerintahan tradisional
D. memperkuat kedudukan bahasa daerah sebagai salah satu simbol persatuan dan  kesatuan bangsa
E. menjadikan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai faktor  penunjang keberhasilan pembangunan

55. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sangat dinamis. Adakalanya persatuan  dan kesatuan bangsa itu begitu kokoh, tetapi ada juga masa ketika persatuan dan kesatuan bangsa mendapat ujian ketika dirongrong oleh gerakan-gerakan pemberontakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI, serta segala bentuk teror yang bisa berdampak munculnya perpecahan di kalangan masyarakat Indonesia.
Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alasan pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah … . 
A. kemajuan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan rakyatnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan 
B. persatuan dan kesatuan bangsa menentukan harkat dan derajat Bangsa Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa lainnya 
C. paham kedaerahan akan semakin kuat apabila persatuan dan kesatuan bangsanya pun semakin kokoh dan selalu dijaga 
D. persatuan dan kesatuan merupakan alat bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur 
E. Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mensejajarkan diri dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional 

56. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila kaya akan nilai-nilai baik yang bersumber dari  budaya bangsa Indonesia pada masa dahulu, maupun budaya dan pemikiran bangsa Indonesia pada saat sekarang. Tidak hanya itu, Pancasila juga menerima nilai-nilai dan pemikiran dari luar budaya negara kita yang sesuai dengan kepribadian bangsa dan negara Indonesia. Hal tersebut menjadikan Pancasila menjadi ideologi yang penting dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Berkaitan dengan hal itu, arti penting Pancasila sebagai ideologi negara adalah …
A. Pancasila Isinya  terdiri dari tuntutan-tuntutan konkret dan operasional yang  diperlukan dan wajib ditaati oleh seluruh warga masyarakat
B. Pancasila diciptakan oleh negara, dalam hal ini penguasa negara yang mutlak  harus diikuti oleh seluruh warga masyarakat
C. Pancasila bersifat utopis, sehingga mendorong masyarakat Indonesia untuk  mempunyai cita-cita yang tinggi
D. Pancasila dapat membentuk identitas atau karakter kebangsaan yang membedakan  masyarakat Indonesia dengan masyarakat bangsa lainnya di dunia
E. Pancasila dapat mengubah pola pikir masyarakat Indonesia, karena nilai-nilainya  selalu beriringan dengan liberalisme yang dianggap lebih modern

57. Pancasila berkedudukan sebagai sumber nilai dan dasar negara. Dua kedudukan  Pancasila tersebut sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Berkaitan dengan hal tersebut, makna kedudukan Pancasila sebagai sumber nilai dan dasar negara adalah … .
A. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan dasar etika kehidupan berbangsa  dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan acuan bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan luar negeri 
B. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan dasar pembentukan norma hukum 
C. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan negara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan dasar pembentukan berbagai peraturan daerah 
D. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan landasan moral bagi pemerintah dalam menetapkan dan memberlakukan kebijakan-kebijakan
negara 
E. sebagai sumber nilai, Pancasila merupakan dasar etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan sebagai dasar negara, Pancasila merupakan acuan bagi Kepala Daerah dalam membuat kebijakan luar negeri
 
58. IPTEK di berbagai negara khususnya dalam bidang teknologi informasi, komunikasi, dan trasportasi telah membuat dunia ini seolah-olah tanpa batas. Arus informasi dan komunikasi  dari berbagai negara menjadi cepat dan biaya yang dikeluarkan pun cukup murah. Kondisi tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi terbuka. Berkaitan dengan hal itu, bagaimana tantangan penerapan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara apabila dikaitkan perkembangan IPTEK...
A. Pembangunan IPTEK harus mendorong terwujudnya sistem ekonomi berbasis pasar dan moderen yang mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat. 
B. Pembangunan IPTEK  ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dengan segala bentuk kebabasannya. 
C. Perkembangan IPTEK harus dapat mendorong masyarakat  Indonesia memanfaatkan teknologi untuk berbagai kepentingan. 
D. Perkembangan IPTEK harus dapat mempertahankan nilai-nilai budaya daerah dan budaya nasional sebagai landasan kehidupan masyarakat Indonesia. 
E. Perkembangan IPTEK harus fokus pada terciptanya inovasi di berbagai bidang yang bermanfaat bagi kehormatan dan kemajuan bangsa.
 
59. Globalisasi politik telah memunculkan isu demokratisasi menjadi acuan utama bagi eksistensi suatu negara sebenarnya. Hal tersebut secara tidak langsung telah menutup mata kita terhadap mana benar dan yang salah. Segala sesuatu peristiwa selalu dikaitkan dengan demokratisasi. Akan tetapi demokratisasi yang diusung   adalah  demokrasi yang  dikehendaki  oleh negara-negara adidaya yang digunakan untuk menekan bahkan menyerang negara-negara berkembang yang bukan sekutunya. Akibatnya adalah selalu terjadi konflik kepentingan yang pada akhirnya mengarah pada pertikaian antar negara.  Oleh karena itu,  bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi politik tersebut?
A. Bangsa Indonesia harus menyesuaikan demokrasi Pancasila yang sedang  diterapkan dengan memperhatikan nilai-nilai kebebasan yang berkembang saat ini. 
B. Bangsa Indonesia harus mempertimbangkan isu-isu internasional dalam menetapkan kebijakan di berbagai bidang termasuk bidang politik 
C. Melakukan amandemen UUD NRI 1945 untuk memasukkan nilai-nilai kehidupan yang lebih modern supaya mendapatkan kepastian hukum. 
D. Bangsa Indonesia harus memperkokoh paham kedaerahan yang berdasar pada
nilai-nilai kekeluargaan dan kedaulatan rakyat 
E. Bangsa Indonesia harus mempu menunjukkan eksistensinya sebagai negara
berdaulat, namun tidak meninggalkan kerjasama dengan negara-negara lain. 

60. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini. 
1) Meningkatnya demokratisasi, tranparansi dalam pemerintahan. 
2) Meningkatkan kemakmuran masyarakat
3) Terwujudnya jaminan hak asasi manusia oleh suatu negara.
4) Mendorong para pengusaha untuk meningkatkan efisiensi dan menghilangkan  biaya tinggi.
5) Meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat.
6) Meningkatkan kesempatan kerja dan devisa negara.
7) Terwujudnya kebebasan yang bertanggungjawab sehingga dapat mendorong  kreatifitas masyarakat
8) Makin terbukanya pasar internasional bagi hasil produksi dalam negeri  

Berdasarkan pernyataan-pernyataan tersebut, manakah yang merupakan dampak positif globalisasi di bidang politik? 
A. 1, 3, 5 dan 7
B. 2, 4, 6 dan 8
C. 3, 4, 5 dan 6
D. 4, 6, 7 dan 8
E. 5, 6, 7 dan 8 

61. Kecanggihan alat komunikasi yang ditandai dengan munculnya internet secara  langsung telah mempermudah kita untuk memperoleh informasi dari belahan bumi lainnya, sehingga kita secara tidak langsung telah melakukan proses tranformasi ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita. Selain itu juga, dengan adanya informasi tersebut kita bisa mencontoh atau belajar banyak dari tata nilai  kehidupan, pola berpikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan  dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju untuk kemajuan  dan kesejahteraan kita.  Kondisi tersebut menunjukkan terjadinya globalisasi pada bidang … . 
A. ideologi
B. politik 
C. ekonomi
D. sosial budaya
E. pertahanan dan keamanan 

62. Dalam bidang sosial, globalisasi telah membawa pengaruh dalam perilaku yang  ditampilkan oleh setiap masyarakat. Diantara pengaruh tersebut adalah dalam hal gaya hidup, gaya pakaian, dasar ikatan hidup bermasyarakat dan semakin mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Berkaitan dengan hal tersebut, bagaimana sikap Bangsa Indonesia dalam merespon perkembangan globalisasi sosial? 
A. Bangsa Indonesia harus menerima sepenuhnya nilai-nilai kehidupan yang berkembang pada masyarakat Internasional 
B. Bangsa Indonesia harus meniolak sepenuhnya semua nilai-nilai kehidupan yang berkembangsa pada masyarakat Internasional 
C. Bangsa Indonesia harus bersikap terbuka terhadap berbagai pengaruh globalisasi dengan cara meninggalkan semua tradisi kedaerahan. 
D. Bangsa Indonesia harus bersikap selektif terhadap pengaruh globalisasi sosial dengan memperkuat paham kedaerahan. 
E. Bangsa Indonesia harus memanfatkan kemajuan ilmu pengetahuan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebangsaan yang selama ini diyakini kebenarannya. 

63. Kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, banyak nilai yang   mengatur demi keharmonisan hidup bersama, diantaranya ada yang disebut : nilaisosial, nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral, dan nilai agama. Dari nilai-nilai  yang ada nilai dianggap memiliki kedudukan tertinggi dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat,  adalah …..  
A. Nilai yang bersumber dari unsur rasa yang terdapat pada setiap diri manusia,  dan biasa disebut dengan nilai estetika yang bersumber dari yang indah.
B.   Nilai yang bersumber dari nilai-nilai ketuhanan tersimpan dalam ajaran  agama, bersumber dari yang maha tinggi dan menjamin kebahagiaan dunia dan ahirat. 
C.   Nilai yang besumber dari kehendak atau kemauan, dengan nilai ini manusia dapat bergaul dengan baik diantara sesame manusia lainnya dalam kehidupan bermasyarakat. 
D. Nilai yang melakat pada masyarakat berkaitan dengan sikap dan tindakan manusia  nilai ini menjadi ciri bahwa manusia tidak dapat hidup mandiri. 
E.   Nilai yang bersumber dari akal manusia. Nilai ini mutlak dibawa sejak lahir. Oleh karenanya ada yang menyatakan nilai ini merupakan kodrat dari Tuhan. 

64. Demi kelangsungan kehidupan dibutuhkan berbagai nilai sosial, Notonagoro membagi nilai-nilai sosial demi menunjang kelangsungan hidupnya kedalam :nilai material, nilai vital, dan nilai rohani. Nilai vital berkaitan dengan …. 
A. Nilai sosial yang berguna bagi meneuhi kebutuhan rohani atau spiritual manusia yang sifatnya lebih universal atau umum.
B. Nilai sosial yang berguna bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam  menjalankan kehidupannya sehari-hari.
C. Nilai sosial yang berguna bagi jasmani manusia, termasuk benda-benda nyata  yang dapat dimanfaatka bagi pemenuhan kebutuhan fisik.
D. Merupakan nilai ketuhanan yang mengandung satu keyakinan atau  kepercayaan oleh manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
E. Nilai yang berkaitan dengan perasaan dan jiwa keindahan manusia, atau sering  juga disebut sebagai nilai estetika. 

65.  Moral memiliki arti sangat luas, ada yang menyatakan sebagai aturan kesusilaan  
berkaitan dengan benar, salah, baik, maupun buruk.  Moral pada prinsipnya
sebagai perangkat pengaturan dalam kehidupan bermasyarakat  …. 
A. Alat untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu. 
B. Perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial, juga berarti tata cara, kebiasaan, dan adat, yang telah menjadi kebiasaan sebagai budaya. 
C. Akhlak yang sesuai dengan perautran sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku. 
D. Berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai standar yang berlaku. 
E. Ajaran tentang baik buruk yang diterima umum mengenai perbuatan, sikap, kewajiban, dan sebagainya; akhlak; budi pekerti, dan susila. 

66.  Jean Piaget sebagai ahli perrkembangan Kognitif membagi perkembangan konitif seorang  ke dalam tahap : 1) tahap sensori motor; 2) tahap operasional; 3) tahap praoperasional konkret; dan 4) tahap operasional formal. Tahap operasional formal ini merupakan tahap yang paling tinggi dari tahap perkembangan kognitif seorang anak manusia  dapat dipahami dari pernyataan di bawah ini, yakni …. 
A. Pada tahap ini anak dicirikan dengan tindakannya yang suka meniru dan bertindak secara refleks, orang-rang dewasa disekitarnya menjadi teladan baginya. 
B. Pada tahap ini anak mulai mengunakan simbol dan bahasa, dengan penggunaan bahasa anak mulai memikirkan yang terjadi sekarang, tetapi yang sudah lalu. 
C. Pada tahap ini anak sudah mulai berpikir transpormasi. Pada tahap ini anak mulai mampu membuat klasifikasi, anak sudah mengerti sebab akibat. 
D. Pada tahap ini anak sudah mampu berpikir formal, abstrak, berpikir deduktif, induktif, dan menyusun hipotesis. 
E. Pada tahap dimana anak tidak dapat berpikir rasional tanpa dituntun oleh yang lebih dewasa, dan selamanya harus dipandu. 

67. Norma yang mengatur hidup dan kehidupan manusia dilihat dari daya pengikatnya  terhadap kehidupan sosial di masyarakat dapat berupa : cara (usuge), Tata kelakuyarakat baian (mores), adat istiadat (custom), Hukum (law), dan norma mode atau norma fashion. Norma yang berkaitan dengan mengatur di lingkungan masyarakat diantaranya Hukum (law), yang dicirikan …. 
A. Norma yang lahir dari adanya kehadiran gaya dan cara anggota masyarakat yang cenderung berubah, bersifat baru dan diikuti masyarakat. 
B. Tata kelakuan yang terintegrasi kemudian menjadi kuat keberadaannya dengan pola perilaku masyarakat dan terus meningkat sehingga menjadi kebiasaan. 
C. Kebiasaan yang tidak semata-mata dianggap sebagai suatu cara dalam suatu cara berperilaku, namun dapat diterima sebagai norma pengatur. 
D. Mengacu pada bentuk perbuatan-perbuatan yang lebih menonjolkan pada hubungan yang terjadi antar individu. 
E. Lahir dari kehidupan bermasyarakat dan bernegara baik tertulis maupun tidak tertulis, yang dicirikan oleh adana penegak hukum dalam menertibkan pelanggar. 

68. Tiap hubungan mengandung nilai, moral, dan norma, yakni tidak ada hubungan  sosial yang terlepas tanpa hubungan susila. Hubungan sosial ini ada yang bersifat social horizontal, dan social vertical. Yang dimaksud dengan hubungan social horizontal berkaitan dengan …. 
A. hubungan yang bersifat pribadi antara individu dengan tuhannya, bersifat transendental atau hubungan rohaniah. 
B. hubungan yang terjadi antara sesama antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat secara umum. 
C. hubungan yang dilakukan antar pribadi dengan pribadi lainnya sesama manusia dalam memenuhi kebutuhan hajat hidupnya. 
D. hubungan pribadi sesama manusia dengan tuhannya yang bersifat alamiah sebagai mahluk tuhan. 
E. hubungan antara Negara secara dan warga Negara dalam hubungannya dengan hak kewajibannya. 

69. Penerapan secara nyata tentang nilai, moral, dan norma dan kaidah-kaidah 
masyarakat lainnya dalam kehidupan setidaknya memiliki dua alasan pokok,
yakni : 
A. Kepentingan Negara dan kepentingan masyarakat tertentu yang ada dalan   
     Negara tersebut. 
B. Kepentingan Negara dan kepentingan pemerintahan Negara semata.
C. Kepentingan dirinya sendiri sebagai individu dan kepentingan stabilitas  kehidupan masyarakat.
D. Kepentingan tiap-tiap individu berdasarkan kepentingannya masing- masing dalam komunitasnya.
E. Kepentingan stabilitas masyarakat sebagai warga Negara terhadap negaranya  dalam menjalankan hak dan kewajibannya.

70.  Simak cerita moral dan norma berikut; Hendra dijebloskan ke dalam penjara  selama 20 tahun karena ia telah membobol sebuah toko obat dan mencuri obat demi kesembuhan ibunya, karena kemiskinan. Namun baru 2 tahun ia kabur dari tahanan, dan ia berhasil keluar dari pulau Jawa dengan nama samaran, di luar Pulau Jawa ia berhasil mendirikan pabrik obat dengan banyak mempekerjakan karyawan. 20 tahun berlalu, ada seseorang yang mengenali Hendra si boss pabrik obat sebagai bekas narapidana yang kabur dari tahanan di pulau Jawa.
Pertanyaannya apakah orang yang melihat tersebut sebagai warga Negara yang baik harus melaporkannya ke Polisi ?
A. Melaporkannya, sebab ia akan mendapat hukuman bila tidak melaporkan, dan dianggap melindungi. 
B. Tidak melaporkan, sebab lebih baik melihat orang bahagia daripada menderita, dan ia cari selamat saja. 
C. Tidak melaporkannya, karena kesalahan Hendra telah tergantikan dengan kebaikannya mempekerjakan karyawan pabrik. 
D. Tidak melaporkannya, sebab ia tidak ada urusan atau masalah dengan dirinya dan keluarganya.  
E. Melaporkannya, karena mungkin ia akan memperoleh imbalan atau penghargaan dari pemerintah atau masyarakat. 

Bagi anda yang memerlukan  70 Soal seleksi akademik PPG PGSD Materi profesional Mata Pelajaran PKN berupa file pdf dapat anda unduh pada link di bawah ini


Demikian postingan kami kali ini mengenai Latihan Soal Pretest PPG 2022 PKN PGSD Guru SD, Semoga Bermanfaat.
sumber : susirahayu99.blogspot.com
jawaban ppg ppg soal ppg
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.